Laman

Sabtu, 23 Juli 2011

Mengetam Kayu / Wood Planing

Created by: DIASESWIN


Menyerut / mengetam kayu bertujuan untuk meratakan, mengurangi ketebalan dan membuat permukaan kayu menjadi halus. Mengetam kayu merupakan dasar dari semua pekerjaan kayu, dan sangat menentukan untuk produk yang dihasilkan, karena bila kayu yang diketam tidak rata akan mempengaruhi tingkat akurasi proses- proses berikutnya seperti penyambungan, membuat profile, membuat alur, dan lain-lain.



Alat yang digunakan untuk mengetam kayu yaitu Ketam manual / Jack Plane ataupun menggunakan Ketam Listrik / Power Planer. Kedua alat ini memiliki keunggulan dan kelemahan masing- masing. Bagi penggemar Woodworker terkadang lebih senang menggunakan ketam manual karena selain tidak bising, limbah kayu yang dihasilkan tidak beterbangan kemana- mana, juga sekaligus berolahraga. Kelemahan ketam manual yaitu dari sisi waktu yang lebih lama dibanding ketam listrik.

Berikut adalah langkah- langkah dasar sederhana dalam mengetam kayu :

  • Siapkan dan pilih kayu, sesuaikan dengan perkiraan ketebalan kayu yang diinginkan.
  • Tandai dengan penggaris metal sisi tebal kayu yang permukaannya lebih cembung, tarik garis dari sudut ujung panjang yang satu ke sudut ujung panjang yang lain. Bila kayu yang akan diketam panjang, gunakan sipatan tali.










  • ketam permukaan tepi mengikuti garis tanda yang sudah dibuat, setelah halus dan lurus, gunakan penggaris siku untuk menandai titik sisi tebal yang lain dengan berpatokan pada sisi yang sudah lurus, buat dua titik pada sisi panjang, tarik garis antara tanda titik tsb. Gunakan sipatan tali bila kayu yang diketam panjang.










  • Ketam permukaan tepi yang lain mengikuti tanda garis yang sudah dibuat
  • Demikian seterurnya setelah sisi tebal lurus, buat  tanda pada permukaan yang lebar, dan ketam kedua permukaan lebar mengikuti garis yang sudah dibuat. Untuk kedua permukaan lebar lakukanlah terlebih dahulu permukaan yang terlihat lebih cembung.




Selesai mengetam kayu pada seluruh permukaan, cek kerataan permukaan dan kelurusan dengan menggunakan penggaris atau besi panjang yang lurus, cek ketebalan dengan menggunakan Caliper.



Terimakasih.



4 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks bro, artikelnya bermanfaat
aku lihat bro pake mesin, tapi di situ ada yang manual. aku dah beli yang manual, dengan alasan murah dan tidak bising. mau tanya bro, gimana jaga agar mata serut gak tenggelam/lepas buat serut. bisa kasih penjelasan dengan gambar (klo bisa). aku punya yg 20cm, ada mata serut, plat lengkung(buat patahin tatal), dan baji kayu. thanks broo

DIASESWIN mengatakan...

Thanks juga bro. Untuk ketam manual tradisional yang terbuat dari kayu memang itu salah satu kelemahannya... tapi bisa disiasati dengan dibuat penahan dari kayu dan yang paling penting mata serut harus diasah setajam mungkin sehingga tekanannya saat menyerut tidak terlalu berat yang dapat mengakibatkan terlepas atau tenggelam, sementara itu bro penjeasannya.. thanks

Unknown mengatakan...

God job.. kita tungggu artikel pertukangan kayu yang lainnn

Anonim mengatakan...

mantap. semoga berkah